Apa tanggapan anda mengenai mata kuliah Tek. Informasi (TI) ?

Rabu, 04 Januari 2012

Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV. Mahasiswa dapat  menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, mahasiswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan mahasiswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga mahasiswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.


Sistem Informasi di UNJANI
Kalau menurut saya sistem informasi di UNJANI sudah lumayan. walau kadang terbatas. UNJANI sudah mengembangkan sistem perwalian dengan perwalian online, walaupun kadang tidak bisa diakses. Tapi sejauh ini pantas diajukan jempol karna ingin memulai suatu perubahan yang memudahkan kita untuk mengaksesnya.. begitu pula dengan pendaftaran online mahasiswa baru dan informasi pada website UNJANI.

Mata Kuliah TI di UNJANI
Mengingat begitu besar manfaat TI, maka Mata Kuliah TI pun menjadi keharusan terutama untuk suatu universitas. Kalau menurut saya, dengan adanya mata kuliah TI saya bisa jadi banyak tau teknologi informasi yang ada. jujur saja sebelum saya belajar mata kuliah TI, saya banyak tidak tau tentang teknologi informasi. Bahkan Facebook saja yang sekarang ini menjadi sosial network terpaporit saja saya awam. Tapi setelah saya belajar TI saya menjadi banyak tau tentang informasi – informasi yang ada. Saya jadi bisa mengirimkan email, membuat blog, dsb.
Kadang saya merasa kalau tugas - tugasnya itu terkesan ribet dan saya rasa ga penting. Harus bikin sebuah spaduk yang jelas - jelas pada saat itu saya tidak bisa mengoprasikan aplikasi Corel Draw, Potoshop, maupun Photoscape. Tapi karena itu sebuah kewajiban, saya belajar sama teman saya dan akhirnya saya bisa.
Begitu juga dengan tugas mencari spec dari laptop dan yang terakhir membuat blog, saya ga bisa buat blog, ga ngerti sama sekali. tapi saya belajar dari google, dimulai dari cara membuat blog, posting di blog, menambah gadget/widget, dan mengganti template hasil downloadan saya. yang lucu dan konyol adalah saat saya belajar mengganti template dengan template hasil downloadan saya, pas awalnya saya sangat bingung gimana cara gantinya, tapi terus saya coba. Setelah itu saya bisa menggantinya. Tapi malah timbul masalah baru, ko semua gadget dan lamannya pada ngilang??? terus saya ganti template lagi sampai lebih dari 3 kali. dan akhirnya saya menemukan template yang settingannya hampir mirip dengan template yang sebelum saya ganti dulu (yang saya maksud aplikasinya).
Ribet banget kan??. Tapi setelah saya menyelesaikan masing - masing tugas tersebut, saya malah sadar bahwa semua itu ternyata emang berpengaruh, selain membuat kita dari yang tidak tau menjadi tau, dari yang tidak bisa menjadi bisa dan dari yang tidak mengerti menjadi mengerti. Tapi selain itu, saya jadi sadar bahwa dari hal yang sepele sepeti itu bisa menjadi uang dan menambah wawasan kita terhadap perkembangan jaman yang ditandai dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi yang sangat deras.
Tapi teknologi informasi begitu luas, kalau menurut saya apa saja yang di ajarkan pada Mata kuliah TI masih kurang jadi harus lebih dikembangkan lagi.

0 komentar:

Posting Komentar